PT. NARODATA GLOBAL TEKNOLOGI
+6221 2212-3725
info@narodata.co.id

NARODATA GLOBAL TEKNOLOGI

CABLING - NETWORKING - SECURITY SYSTEM - GENERAL TRADING

Kenapa hal ini bisa terjadi..?

Biasanya kondisi diatas terjadi ketika suatu jaringan sudah memiliki umur diatas 3 tahunan, ketika banyak sekali permintaan perubahan dari internal organisasi seperti Relayouting ruangan kerja, Perpindahan ruangan Network Rack, Adanya penambahan jumlah karyawan secara besar-besaran, adanya penambahan Server-server baru, yang pada akhirnya menyebabkan kabel-kabel tersebut berubah posisi. Dan biasanya dikarenakan kesibukan dari IT administrator yang menangani hal tersebut, mereka lupa untuk memberikan label perubahan baik secara physic maupun secara softcopy. Ketika sudah mencapai 3 tahun, akhirnya kabel-kabel tersebut sudah tidak terkontrol lagi dan makin semrawut.

Kerugian dari kabel yang tidak terawat atau semrawut.

  1. Kualitas traffic pada kabel akan mengalami hambatan, dimana kabel-kabel yang mungkin terlipat secara sudut patah akan mempengaruhi kecepatan dari trafficnya itu sendiri, atau dalam hal ini dikatakan akan menambah latency dari sebuah traffic.
  2. Adanya kesulitan didalam menelusuri ( Tracing ) kabel yang terputus.
  3. Pendokumentasian akan sulit diwujudkan, karena kondisi label yang sudah tidak akurat lagi.
  4. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka lambat laun akan menambah permasalahan yang ada, seperti kecenderungan Network Looping ( Kondisi dimana suatu jaringan tidak mempunyai destinasi akhir, yang akhirnya menyebabkan Network Broadcast secara terus menerus dan akhirnya Down.
  5. Bahaya terjadinya konsleting kelistrikan, karena bisa jadi adanya kabel yang tergigit tikus dan terhubung kepada jalur kelistrikan.

Keuntungan dari kabel yang terawat dan terdokumentasi.

  1. Kualitas traffic pada jaringan terjaga, karena kondisi kabel yang sudah tidak adanya lengkungan yang patah.
  2. Penelusuran ( tracing ) kabel akan menjadi lebih mudah apabila ada salah satu kabel yang terputus
  3. Pendokumentasian akan sangat mudah, baik pendokumentasian di patch panelnya sendiri maupun di setiap kabel yang terkoneksi ke setiap switch.
  4. Pendokumentasian dan Legend dari sebuah jaringan akan sangat mudah dimiliki berupa soft copy untuk memudahkan pencarian dan melakukan perubahan pada masing-masing panel dan switch.
  5. Kondisi Network Looping akan sangat berkurang.
  6. Mengurangi terjadinya konsleting kelistrikan.

Silahkan hubungi sales kami untuk mendapatkan penawaran.

Berikut kondisi ideal dari pentataan kabel di ruangan datacenter :

  • Duct untuk jalur kabel data berbeda dengan jalur kabel power supply, hal ini untuk mencegah ElectroMagnetic Discharge dari kabel power pada kabel data.
  • Semua kabel dari panelnya masing – masing harus melewati rongga di bawah  raised floor  sebelum masuk kedalam rak,  jadi kabel – kabel tersebut masuk lewat lubang udara yang berada tepat dibawah rak.
  • Kabel – kabel tersebut di kelompokan dan diikat berdasarkan karakteristik tertentu, misalnya segmen tertentu.
  • Duct untuk kabel sebaiknya menggunakan bahan fiber.
  • Sebelum masuk ke dalam switch / hub, sebaiknya kabel data harus melewati ke patch panel terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan pengidentifikasian dari kabel tertentu yang biasanya dibutuhkan pada saat troubleshooting.

Managemen kabel yang diberikan dalam solusi ini meliputi penataan ulang dari kabel data dan power supply dengan mengikuti struktur tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Perapihan kabel dilakukan sebagai setelah semua pengerjaan fisik dilakukan mulai dari pemasangan pendingin udara,  raised floor, instalasi perangkat pemadam kebakaran, dan sampai pemasangan akses kontrol pada pintu masuk fasilitas datacenter. Karena setelah semua pengerjaan fisik dilakukan, semua perangkat server, komunikasi dan pendukungnya akan dikembalikan pada ruangan datacenter dengan tatanan yang ideal.

Kabel manajemen yang diberikan dalam solusi ini adalah sebagai berikut :

  • Instalasi duct untuk jalur kabel data dan power.
  • Labelling yang standar pada kabel data dan power.
  • Pengelompokan dan pengikata pada kabel data.

Hal ini dapat dicapai dengan melakukan:

  • Perapihan Jaringan Kabel Data (UTP / STP, FiberOptic), baik untuk kabel-kabel yang ada di dalam Data Center ataupun yang berasal dari lantai lainnya dalam Gedung.
  • Diperlukan rack khusus untuk CABLING. Dimana didalamnya akan termasuk unit-unit LAN SWITCHES (CORE) Fiber Optic, Patch Panel dan Cable Management untuk SERVER FARM. Patch Panel, Cable Management dan Rack Cabling diproyeksikan untuk menampung pengembangan Data Center yang akan dilakukan.
  • Penggunaan CABLE TRAY di lingkungan DATA CENTER (diletakkan di bawah Raised Floor) untuk mengatur jalannya kabel data dan electrical power.

RACK SYSTEM harus mendukung :

  • Penempatan server yang menggunakan deepth 1100mm. Di beberapa server kritikal, unit Monitor harus terpasang. Untuk keperluan penghematan daya dan panas, maka sedapat mungkin daya yang dihasilkan oleh monitor adalah kecil. Kami menyarankan penggunaan LCD.
  • POWER OUTLET
  • DATA OUTLET – minimal 2 data outlet per Rack untuk menampung 8 koneksi data UTP. Untuk rack yang terdapat koneksi VOICE, maka disediakan OUTLET khusus.
  • FAN
  • SHELF

Instalasi Data Centre

2
4
5
10
11
12
13
14
15
16
MIGRASI17
MIGRASI
Data Centre
Data Centre
Data Centre
Data Centre
Data Centre
Data Centre
59f2f4ca-2ac0-43f9-924a-7733f0e683ef
2 4 5 10 11 12 13 14 15 16 MIGRASI17 MIGRASI Data Centre Data Centre Data Centre Data Centre Data Centre Data Centre 59f2f4ca-2ac0-43f9-924a-7733f0e683ef
Ada yang bisa kami bantu?
Hubungi Kami